Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai bekerjasama dengan PT Bank Sumut menggelar Grand Launching Aplikasi Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online di Halaman Hypermart, Tanjungbalai, (15/9/2018).

Peluncuran aplikasi ini bersamaan dengan acara Bulan Panutan Pajak Daerah yang diselenggarakan oleh BPKPAD Kota Tanjungbalai dengan berbagai kegiatan diantaranya Jalan Santai, Senam Aerobik dan Lucky Draw. Jalan Santai sendiri dimulai dari depan rumah dinas Wali Kota yang dilepas secara resmi oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH didampingi Wakil Wali Kota Drs.H Ismail dan Forkopimda. Jalan santai yang menempuh rute mulai dari depan rumah dinas Wali Kota, Jalan Sudirman dan Finish di Hypermart Tanjungbalai.

Wali Kota bersama seluruh peserta selanjutnya mengikuti Senam Aerobik bersama dalam memeriahkan Bulan Panutan Pajak Daeran sekaligus Peluncuran Aplikasi E- Informasi Tagihan PBB Online pertama di Sumatera Utara.

Peluncuran E- Informasi Tagihan PBB dilakukan guna meningkatkan pendapatan pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang merupakan salah satu sektor yang menjadi indikator Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungbalai.

Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Kota Tanjungbalai, Ramadhan Siregar mengatakan, aplikasi E- Informasi Tagihan PBB sudah dapat digunakan di Kota Tanjungbalai. Layanan ini tersedia di gerai-gerai yang ada di Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan ATM Bank Sumut.

Aplikasi E- Informasi Tagihan PBB diharapkan dapat memudahkan masyarakat Kota Tanjungbalai mengetahui Jumlah Tagihan PBB yang nantinya dapat menjadi acuan untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan.

“Dengan adanya aplikasi ini, semoga bisa memudahkan masyarakat dalam mengetahui dan mengecek informasi tagihan PBB guna memudahkan melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan mereka. Dengan aplikasi ini masyarakat dapat langsung membayar dengan memanfaatkan layanan seperti gerai-gerai dan ATM yang tersedia di sejumlah kantor cabang pembantu Bank Sumut. Jumlah wajib pajak di Kota Tanjungbalai yang kita terima dari BPKPAD sebanyak 36.589 wajib pajak,” ujar Ramadhan Siregar.

Sementara itu, Plt. Kepala BPKPAD Kota Tanjungbalai Asmui Rasyid Marpaung S.STP Mengatakan “Dengan launching E- Informasi Tagihan PBB online, kita sudah bisa mendapatkan layanan selain dari teller di jaringan kantor, juga bisa menggunakan ATM. Ke depan kita akan kembangkan ke layanan sms banking,” sambungnya.

Ditambahkan, Proses registrasi Aplikasi E-Informasi Tagihan PBB dapat diakses oleh masyarakat melalui Website Pemko Tanjungbalai, www.tanjungbalaikota.go.id dan langsung masuk ke aplikasi E-Informasi Tagihan PBB. Untuk Kota Tanjungbalai sendiri Jumlah Wajib Pajak sebanyak 36.589 Wajib Pajak dengan Target PBB Tahun ini sebesar Rp 2.828.000.000. Realisasi Pendapatan dari sektor PBB hingga Bulan Agustus sebesar 1.511.625.961 (53.45%). Kita Berkeyakinan Target yang diberikan kepada BPKPAD dapat tercapai untuk tahun ini, Papar Asmui Rasyid.

“Intinya Aplikasi ini untuk memudahkan wajib pajak dan memberikan alternatif selain datang ke kantor atau dinas terkait untuk membayar pajak,” Ujar Asmui Rasyid.

BPKPAD Tanjungbalai dalam hal ini mengkemas acara bertajuk “Generasi Milineal Keren, Generasi Bayar Pajak”, artinya dukungan dan peran Generasi Muda penting dalam mendukung Visi dan Misi Pemko Tanjungbalai mewujudkan Tanjungbalai “BERSIH” Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis menuju Tanjungbalai yang Maju dan Sejahtera, Papar Asmui Rasyid.

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial mengapresiasi kepada Seluruh Masyarakat Kota Tanjungbalai yang telah mendukung Pembangunan Kota Tanjungbalai yang berkelanjutan dengan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) khususnya kepada Camat, Lurah dan Petugas Pemungut Pajak yang telah mendukung dan berhasil mencapai target PBB untuk tahun 2017 dan berharap pencapaian target PBB akan terus ditingkatkan tahun ini.

Salah satu tugas utama Pemko Tanjungbalai khususnya di bidang pelayanan PBB adalah memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan mudah bagi masyarakat. Untuk itulah terobosan baru yang dilakukan oleh BPKPAD Kota Tanjungbalai bekerjasama dengan Bank Sumut Cab. Tanjungbalai meluncurkan Aplikasi Pertama di Provinsi Sumatera Utara “E-Informasi Tagihan PBB” yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi tagihan PBB mereka, Ujar Wali Kota.

“Dengan sistem pembayaran pajak secara online ini tentunya dapat mempermudah masyarakat di Kota Tanjungbalai untuk melakukan penyetoran PBB. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menyetorkan pajaknya karena telah dipermudah melalui sistem online yang telah kita luncurkan bersama hari ini, ” Papar Wali Kota H.M Syahrial.

“Sistem yang kita pakai ini bukan aja terobosan baru dalam mendukung dan memudahkan pembayaran PBB, namun juga akan meningkatkan produktivitas penerimaan PBB yang akhirnya menambah jumlah penerimaan PBB di masa akan datang,” harap Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Pemko Tanjungbalai melalui BPKPAD menyerahkan Hadiah dan Piagam Penghargaan kepada Camat, Lurah dan Pemungut Pajak berprestasi untuk Kecamatan Terbaik diraih Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Juara II Kecamatan Sei Tualang Raso dan Juara III Kecamatan Tanjungbalai Utara. Untuk Kelurahan diraih Kelurahan Sei Raja, Juara II Indra sakti dan Juara III Kelurahan Sei Merbau. Khusus untuk Petugas Pemungut Pajak Terbaik diraih Nurhuda yang mendapatkan Satu Unit Sepeda Motor oleh Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Tanjungbalai dan Forkopimda serta Kepala Bank Sumut Cab. Tanjungbalai

Acara diakhiri dengan Pelepasan Balon Ke udara sebagai tanda Peluncuran E-Informasi Tagihan PBB Online Kota Tanjungbalai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here