Hal ini disampaikan Walikota H.M.Syahrial saat menghadiri Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Propinsi Sumatera Utara tahun 2017 dikota Tanjungbalai. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, dibuka resmi oleh Gubernur Sumatera Utara Dr.Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si dan dihadiri Anggota DPD RI Perwakilan Sumut Parlindungan Purba, Direktur Kepahlawanan Kementerian Sosial Hotman, Wakil Walikota Tanjungbalai Drs.H.Ismail, Forkopimda Propinsi Sumut, Forkopimda kota Tanjungbalai, Instansi Vertikal, OPD dilingkungan Penko Tanjungbalai, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, PKH Se Sumut, Penyandang Disabilitas, 100 anak yang mengikuti Khitanan Massal, Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) serta Masyarakat Kota Tanjungbalai (Sabtu, 23/12).

Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial SH, MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang telah mempercayakan Kota Tanjungbalai sebagai tempat penyelenggaraan HKSN tingkat Propinsi Sumatera Utara tahun 2017. Dalam Peringatan HKSN hari ini Pemko Tanjungbalai dapat menyerahkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat kota tanjungbalai yang bersumber dari APBD tanjungbalai TA 2017 diantaranya Bantuan Anak Sekolah 80 anak Yatim, Bantuan Peralatan Usaha 5 orang Lanjut usia Produktif, bantuan Peralatan Usaha kepada 6 keluarga miskin, bantuan alat bantu dengar bagi 4 Penyandang tuna rungu, 2 Unit kursi roda, pemberian Pengeras suara Portable/wireless bagi 12 kelompok pengajian dan wirit yasin dan Remaja Mesjid.

“Pemko Tanjungbalai akan terus Berkomitmen Memberikan Perhatian dan Bantuan Kepada Masyarakat Kurang Mampu dikota Tanjungbalai, Ungkap H.M.Syahrial.”

Saya juga berterimakasih kepada Gubsu dan Dinas Sosial Propinsi Sumatera Utara yang juga mengalokasikan dana untuk bantuan sosial kepada masyarakat tanjungbalai.

Sebagaimana Tema HKSN tahun 2017 yakni “Kesetiakawanan Sosial Nasional Perekat Keberagaman”, artinya bahwa kesetiakawanan sosial dimaksudkan dapat menjadi perekat keberagaman melalui rangkaian peringatan HKSN tahun 2017 dan bertujuan untuk menggugah perasaan dan empati terhadap orang lain melalui aksi nyata demi kebaikan semua, sehingga bisa menjadi suatu kekuatan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

Dalam kesempatan tersebut Walikota H.M.Syahrial menyampaikan harapan dan dukungan kepada Gubernur Sumatera utara dan Anggota DPD RI Sumut dalam penyelesaian Jalan Lingkar Utara dan Pembangunan Jembatan Silo 3 di kecamatan Sei Tualang Raso.

Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan Peringatan HKSN merupakan upaya mengenang dan meneladani semangat persatuan,kesatuan,kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat indonesia yang secara bahu membahu mengatasi. Permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. HKSN pada hakekatnya merefleksikan budaya dan kearifan nasional, nilai-nilai Pancasila serta budaya dan kearifan, masyarakat majemuk Indonesia yang berujung pada solidaritas kebangsaan dan integrasi nasional.

Dalam Peringatan HKSN tahun 2017 ini dilakukan pemberian bantuan stimulan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) warga kurang mampu, Perbaikan rumah tidak layak husni, Pemberian alat bantu kepada Penyandang Disabilitas, sunat massal, pengobatan gratis, donor darah dan kegiatan lainnya, Sebut Erry Nuradi.

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara akan terus berupaya menjangkau seluruh kebutuhan masyarakat Penyandang masalah kesejahteraan sosial yang ada di sumut, oleh karena keterbatasan kemampuan pemerintah Propinsi Sumut. Namun kami masih bekerja keras meningkatkan usaha kesejahteraan sosial untuk mengurangi angka permasalahan sosial untuk mengurangi angka permasalahan sosial yang masih terjadi ditengah masyarakat saat ini, Ujarnya lagi.

Saya menyampaikan Apresiasi dan Penghargaan kepada Pemko Tanjungbalai yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya kegiatan HKSN ini dengan baik dan lancar, apa yang disampaikan Walikota Tanjungbalai tadi terkait Penyelesaian Jalan Lingkar dan Pembangunan Jembatan Silo 3 di kecamatan Sei Tualang Raso Propinsi Sumatera Utara akan berupaya membantu hal tersebut apalagi saat ini didukung juga oleh Anggota DPD RI Perwakilan Sumut Parlindungan Purba.

Bantuan sosial Propinsi Sumatera Utara yang diserahkan diantaranya 1 unit mobil bagi koordinator Wilayah Program Keluarga Harapan (PKH), 473 unit Sepeda motor bagi Kordinator PKH Kab/Kota Se Sumut, Pemberian Tali kasih kepada Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Se Sumut, 25 Unit Wireless, Bantuan KUBE bagi keluarga miskin tersebar di 5 kab/Kota (Tanjungbalai, Sibolga, Dairi, Labura dan Kota Padang Sidempuan, Bantuan bagi Penyandang Disabilitas berupa Paket UEP, kursi roda, alat bantu dengar dan tongkat kaki

Selanjutnya Gubsu Tengku Erry Nuradi memberikan bantuan kepada Penyandang Disabilitas, penerima bantuan sosial lainnya serta Penghargaan kepada Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial sebagai Kepala Daerah Peduli Sosial, Tokoh Peduli Sosial H.Zulkifli Amsar Batubara, Tokoh Pemuda Peduli Sosial Mahyaruddin Salim Batubara serta Tokoh Peduli Anak disabilitas Agus Salim Hutagalung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here