Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial SH, MH membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa pada upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan dilapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjungbalai (Jumat, 10/11). H.M Syahrial yang langsung bertindak sebagai inspektur upacara dan Komandan Upacara AKP. Suharmono (Kanit Reskrim Polsek Tanjungbalai Selatan) yang diikuti ASN dilingkungan Pemko Tanjungbalai, TNI dan Polri, Organisasi Pemuda, Kepala Lingkungan serta Siswa/i sekota tanjungbalai.

Saat membacakan sambutan Mensos, Walikota mengajak para peserta upacara untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

“Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan,” kata H.M.Syahrial saat membacakan pidato tersebut.

“Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” lanjutnya.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur.

H.M.Syahrial melanjutkan, saat ini adalah saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka,maju, berdaulat dan terbuka.

“Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi,” tuturnya lagi.

Usai upacara dilanjutkan dengan Upacara dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Danlanal TBA Letkol Laut ( P ) Bagus Badari Amrullah bertindak sebagai Inspektur dalam upacara tersebut dan dilanjutkan dengan tabur bunga ke seluruh Makam Pahlawan.

LEAVE A REPLY