Kerajinan merupakan seni warisan budaya yang sampai saat ini banyak diminati untuk kebutuhan peralatan rumah tangga dan asessories bagi kaum wanita. Hasil kerajinan adalah salah satu komoditi yang dapat memberikan dampak langsung pada kehidupan masyarakat pengrajin.

 

Bertempat di kediaman Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai diselenggarakan acara pembukaan “Pelatihan Pengembangan Produk Unggulan Kerajinan Daerah dan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah berbahan baku kulit kerang” oleh Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, Selasa (1/08). Pelatihan ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 1 s/d 4 agustus 2017.

Pembukaan dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dengan dihadiri oleh Walikota Tanjungbalai;Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai; Kadis Perindag Provinsi Sumatera Utara; Kadis Perindag Kota Tanjungbalai; Ketua Dharma Wanita Kota Tanjungbalai dan para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Hj. Evi Diana Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa kerajinan tangan sangat penting dan strategis sehingga pemerintah melalui kebijakan memberikan kepedulian terhadap industri kecil menengah dan pengrajin. Tim pengembangan produk unggulan kerajinan daerah dan ekonomi kreatif Provinsi Sumatera Utara berupaya memfasilitasi para masyarakat melalui pelatihan-pelatihan sehingga menjadikan masyarakat pengrajin yang bermutu, inovatif dan berkualitas serta produknya bernilai jual tinggi sekaligus dapat meningkatkan masyarakat menjadi masyarakat sejahtera dan SUMUT yang Paten.

Walikota Tanjungbalai M. Syahrial SH,MH mengatakan bahwasanya Pemerintah Kota Tanjungbalai pada tahun 2016 telah melakukan MOU bersama Pemerintah Kota Bandung dalam promosi tentang kerajinan tangan guna memperkenalkan kerajinan tangan para pengrajin ke luar daerah.

M.Syahrial juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara karena telah memberikan pelatihan kerajinan bagi masyarakat Kota Tanjungbalai. Pemimpin Kota Kerang ini berharap semoga kegiatan ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi para pengrajin di Kota Tanjungbalai.

Senada dengan Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai Ny. Sri Silvia Novita M. Syahrial, menyampaikan inisiatifnya untuk mendirikan galeri yang dapat membantu memasarkan produk lokal dan akan melakukan kerjasama dengan pihak pengusaha seperti supermarket, pasar dan toko-toko yang ada di Kota Tanjungbalai. “Pada saat ini pengrajin telah berhasil menyelesaikan 1000 pesanan kotak tisu kulit kerang dalam waktu 5 hari, souvenir tersebut akan diberijan kepada tamu pada acara penutupan TMMD di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah” tambah Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai tersebut.

Selesai acara Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai beserta rombongan terjun langsung untuk melihat serta memberikan arahan dan bimbingan kepada para pengrajin kulit kerang di Jalan Pematang Pasir Kel. Pematang Pasir Kec. Teluk Nibung.

Turut Hadir pada Kegiatan tersebut: OPD, Kabag, Camat Sekota Tanjungbalai, Dewan Penasehat Dakranasda Tanjungbalai Ny.Hj Salmah Saragih Amsar Batu Bara.

LEAVE A REPLY