Walikota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH memimpin langsung Kegiatan gotong-royong di kawasan Jalan Protokol Inti Kota mulai Jalan Sudirman, Jalan Ampera dan Jalan Disekitar Pusat Kota Tanjungbalai dengan melibatkan ratusan Peserta (Sabtu, 10/2/2018) Pagi. Sebelumnya seluruh peserta yang terdiri dari petugas Kebersihan, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD, PNS dilingkungan Pemko Tanjungbalai dan seluruh OPD mendapat arahan dari Walikota H.M Syahrial terkait lokasi yang menjadi titik pembersihan yang akan dikerjakan. Hal ini dilakukan untuk membebaskan parit dari penyumbatan yang menyebabkan air tidak mengalir dan sering berakibat tergenangnya air disepanjang jalan dipusatkan kota ketika hujan turun.

Dilokasi itu, Walikota melihat tindak pengrusakan concrete cover slab (beton penutup drainase) yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab. Pelaku tampak merusak untuk mengambil besi dan meninggalkan sisa-sia beton didalam parit. Tindakan vandalistik ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penyumbatan aliran air. Pembersihan pun dilakukan. Para petugas mengeluarkan sisa-sisa beton sekaligus mengorek parit dan membersihkannya dari tumbuhan air.

H.M Syahrial mengharapkan tindakan pengrusakan dan membuang sampah keparit melalui drainase rumah tangga ini tidak terulang lagi. Dia mengatakan, harus ada kesadaran untuk menjaga hasil-hasil pembangunan dari hati sanubari setiap warga. Kesadaran itu juga merupakan partisipasi dalam pembangunan.

Disisi lain, dia juga mengatakan, budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat dan jiwa persatuan masyarakat Indonesia. Karenanya budaya gotong royong seharusnya terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pembangunan masyarakat.

Walikota Termuda di indonesia ini juga berpesan melalui arahannya mengatakan dalam gotong royong ada nilai-nilai positif yang dapat dijadikan landasan dalam pembangunan, diantaranya nilai persatuan, nilai kebersamaan, nilai kerelaan berkorban, nilai tolong menolong dan nilai sosial dengan sesama masyarakat.

Untuk itulah, Walikota H.M Syahrial mengharapkan kedepannya kerjasama dan sikap gotong royong dapat semakin ditingkatkan di era modern yang cendrung ke arah individualistis seperti saat ini. sebab, sekecil apapun kontribusi seseorang dan masyarakat khususnya dikota tanjungbalai ini dalam kegiatan gotong royong pasti selalu akan dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain guna menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah, Ujar H.M.Syahrial.

Ditambahkannya lagi, kegiatan ini juga bagian dari upaya Pemko tanjungbalai dalam mencegah dan menciptakan keinginan serta motivasi dari seluruh masyarakat kota tanjungbalai untuk sadar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melahirkan kesadaran dalam membersihkan lingkungannya sendiri tanpa harus menunggu himbauan pemerintah kota tanjungbalai. Beliau juga mengatakan, kerja bakti dan gotong-royong ini untuk melancarkan aliran air di tempat-tempat yang kerap digenangi air di saat curah hujan tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here