Peringatan Hari Anak Nasional 2018 di Kota Tanjungbalai dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Kota Tanjungbalai (Kamis, 9/8/2018). Puncak Hari Anak Nasional diawali dengan Pawai ribuan Anak yang mengenakan berbagai pakaian mulai dari pakaian adat, Pahlawan Kartun, Olahraga dan Pakaian Profesi. Rombongan Pawai disambut oleh Wali Kota Tanjungbalai bersama Danlanal TBA Letkol Laut (P) Ropitno serta mewakili Kapolres Tanjungbalai di Mimbar kehormatan.

Tema Hari Anak (HAN) 2018 yakni “Anak Indonesia, Anak Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat)”.

Walikota berpesan kepada ribuan anak yang memadati GOR Tanjungbalai untuk terus berkreatifitas dalam bermain dan belajar agar menjadi generasi masa depan bangsa yang Berprestasi, handal dan membanggakan.

“Manfaatkanlah waktu yang kalian punya untuk mengembangkan ekpresi diri melalui kegiatan bermain dan belajar. Jangan pernah ragu untuk terus mencoba melakukan hal-hal baru yang bisa melatih kemampuan dan keterampilan berpikir kalian,” ujar Walikota kepada anak-anak yang hadir.

Melalui Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, Semoga kita sebagai insan yang peduli terhadap anak-anak maupun sebagai orangtua dapat memberikan perhatian yang penuh dan tanggungjawab serta memberikan segala yang terbaik untuk anak kita.

Diharapkan melalui peringatan HAN ini kepedulian kita sebagai orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan Pemerintah dapat berperan dalam pemenuhan hak dan kewajiban serta perlindungan anak, Papar H.M Syahrial.

“Saya berharap dukungan dari semua pihak khususnya OPD yang terkait untuk bekerjasama dan saling mendukung dalam mewujudkan Tanjungbalai sebagai Kota Layak Anak Tahun 2019,” Ujar Wali Kota.

Kepada orangtua murid yang hadir mendampingi anak-anaknya, Walikota meminta agar memberikan perhatian yang serius dalam tumbuh kembang anak. Asupan nutrisi dan gizi harus diperhatikan serius oleh orangtuanya. “Berikan mereka semua kebutuhan yang diperlukan oleh anak, jangan keinginannya semata,” tegasnya lagi.

Menurutnya keluarga mengambil peran penting sebagai awal mula pembentukan kematangan individu dan kepribadian anak untuk meningkatkan kreatifitas dan Prestasi Anak, sebagaimana yang telah dicanangkan melalui Tema HAN Tahun 2018 ini.

Acara yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kota Tanjungbalai ini menghadirkan ribuan anak-anak PAUD dan TK, bertemakan pakaian adat, dimana anak-anak hadir dengan balutan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Selain itu pada peringatan Hari Anak Nasional di Kota Medan tahun ini juga dilakukan Pelantikan Forum Anak Kota Tanjungbalai 2018 – 2021 dimana terpilih sebagai Ketua Forum Anak Kota Tanjungbalai Johan Tanoto Siswa SMA Negeri 3 Kota Tanjungbalai.

“Harapan saya, anak-anak ini bisa memaknai peringatan Hari Anak Nasional sebagai semangat baru untuk menjadi anak yang luar biasa dan Berprestasi dengan kemampuan yang serba bisa,” harap H.M Syahrial usai menutup kegiatan dengan pelepasan balon ke udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here