Pemerintah Kota Tanjungbalai memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Minggu (1/10) pagi. Wakil Walikota Tanjungbalai Drs H Ismail bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan 1 Oktober. Adapun tema yang diangkat pada peringatan tahun ini yakni, “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”.

 

Upacara dipimpin oleh Danramil Datuk Bandar, Kapten Inf Saifullah sebagai komandan upacara berlangsung sangat khidmat dan tenang. Upacara yang sederhana ini juga berlangsung tidak banyak memakan waktu, karena tanpa pembacaan sambutan atau penyampaian amanat. Wakil Walikota Tanjungbalai hanya membacakan teks Pancasila, sebagai pembaca Ikrar adalah Muhammad Yusuf, SH mewakili Ketua DPRD.

Peserta yang mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 di Tanjungbalai dihadiri oleh segenap pimpinan Forkopimda, Kepala OPD, perwakilan ASN, pelajar, organisasi kepemudaan, KNPI, TNI/Polri, Guru, Instansi Vertikal, Pramuka. Upacara di mulai sekitar pukul 08.00 WIB.
Marching Band Lumba- Lumba Kearifan Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai menjadi pengiring di upacara tersebut. 30 anak sanggar dibawah naungan Kwarcab Pramuka itu dengan alunan genderangnya mewarnai upacara, ditambah dengan 34 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tanjungbalai yang menunjukkan performa terbaiknya dalam baris berbaris ketat.

Tanggal 1 Oktober memang ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 / Tahun 1967. Hari ini merupakan peringatan yang ke- 52 Tahun.

LEAVE A REPLY