pratama1Pemerintah Kota Tanjungbalai melaksanakan Uji Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama bagi Pejabat Esselon II yang diselenggarakan atas Kerjasama Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Badan Kepegawaian (BKD) dan Diklat dengan Universitas Medan Area (UMA) Medan di Aula I Kantor Walikota Tanjungbalai ( Jumat, 18/11). Seketaris Daerah Drs.Abdi Nusa membuka secara resmi Pelaksanaan Uji Kompetensi tersebut.

Uji Kompetensi diikuti 24 Pejabat Esselon II Kota Tanjungbalai mulai dari Seketaris Daerah,Seketaris DPRD,Para Assisten I,II dan III,Staf Ahli,Ka.Dinas,Ka.Badan serta Ka.Inspektorat. Dari 24 Peserta Uji Kompetensi 1 peserta tidak dapat mengikuti dikarenakan sakit yakni Ka.Bappeda Ir.H.Mirzal. Pelaksanaan Uji Kompetensi berlangsung selama 2 Jam mulai dari Pukul 09.30 s/d 11.30 Wib dan langsung diawasi oleh Tim Penguji dari Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA).

Uji kompetensi dan Psikologi ini sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 tahun 2014.

“Sesuai peraturan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 ditambah Permen PAN Nomor 13 tahun 2014 maka promosi pejabat harus dilakukan secara terbuka sesuai prinsif-prinsif profesional, kompetensi, prestasi dan
jenjang kepangkatan”.

Penilaian kompetensi dan psikologi pejabat eselon II ini juga dalam rangka menyediakan profil kompetensi melalui pengukuran secara sistematik melalui metode asismen sintax yang menjadi standar penilaian kompetensi.

Harapan

pratama2Profil kompetensi ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pejabat pengambil kebijakan kepegawaian untuk melakukan Pembinaan dan pengembangan kepegawaian.

“Kita berharap dengan adanya penilaian kompetensi dapat memetakan kompetensi pejabat dalam rangka membangun data base perkompetensi pejabat untuk memudahkan pengambilan kebijakan terkait mutasi dan promosi pejabat”

LEAVE A REPLY