Walikota H.M.Syahrial meresmikan E-WARONG Kube Jasa PKH Sekota Tanjungbalai. Hingga saat ini total ada 15 E-WARONG sekota tanjungbalai. Acara yang dilaksanakan disalah satu E-WARONG yakni lokasi E-WARONG Bestari Sejahtera Kelurahan Kuala Silo Bestari, Kecamatan Tanjungbalai Utara (Rabu, 13/12).

Launching E-WARONG yang diikuti oleh 500 orang yang terdiri dari DPRD Tanjungbalai, Forkopimda, OPD dilingkungan Pemko Tanjungbalai, Mitra Dinas Sosial diantaranya Himpunan Bank Negara dan Bulog, Lurah dan Kepling sekota tanjungbalai, Pekerja Sosial (Pendamping PKH dan TKSK) Taruna Siaga Bencana serta Pengurus E-WARONG Kube Jasa PKH.

E-WARONG Kube Jasa PKH merupakan tindak lanjut dari upaya pengentasan kemiskinan oleh Kementerian Sosial RI melalui sinergitas program keluarga harapan dengan kelompok usaha bersama dalam bentuk warung kebutuhan bahan pokok yang diunjuk resmi oleh pemerintah untuk melayani penerima bantuan sosial dengan sasaran masyarakat miskin penerima PKH dan Penerima Raskin/Rastra.

Secara umum pendirian E-WARONG merupakan Kerjasama antara Kementerian Sosial, Himpunan Bank Negara dan Bulog yang intinya melayani penerima bantuan sosial. Khusus kota tanjungbalai, bantuan Pangan non tunai akan mulai dilakukan pada tahap IV yakni bulan Agustus 2018. Bantuan sosial nantinya juga dapat dikonversi dengan gas Elpiji 3 Kg, Pembayaran Listrik bersubsidi dan Program Subsidi lainnya. Diharapkan Pendirian E-WARONG ini nantinya dapat meningkatkan Taraf hidup keluarga penerima manfaat khususnya para pengurus E-WARONG dan Kube Jasa.

Walikota H.M.Syahrial menyampaikan Program E-WARONG nantinya secara Strategis dapat meningkatkan efektivitas penyaluran bantuan sosial. Pendampingan dan Edukasi terkait fungsi E-WARONG kepada masyarakat Miskin akan terus dilakukan oleh Dinas Sosial dan Himpunan Bank Negara dan diharapkan melalui Bulog, Pemerintah dapat melakukan mekanisme transaksi E-WARONG yang mudah dan cepat serta ketersediaan bahan yang kontinuitas.

HARAPAN

Saya berharap kepada masyarakat penerima manfaat bantuan sosial maupun masyarakat kota tanjungbalai agar benar-benar menggunakan E-WARONG ini untuk memenuhi keperluan harian, sehingga tujuan E-WARONG sebagai penopang dan usaha meningkatkan taraf kehidupan Keluarga Penerima Manfaat ke arah yang lebih baik dapat tercapai dan menurunkan tingkat kemiskinan dikota Tanjungbalai, Ujar H.M.Syahrial.

LEAVE A REPLY