Bertempat di halaman Mapolres Tanjungbalai dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021 yang dipimpin Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira dan bertindak sebagai Komandan ApelIPDA Zainuddin (Senin, 12/4/2021).

Apel Gelar Pasukan yang juga dihadiri Wakapolres Tanjungbalai Kompol Jumanto, mewakili Pemkot Tanjungbalai yakni Sekdakot Tanjungbalai Yusmada, Forkopimda Tanjungbalai, mewakili Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pulo Simardan, Kadis Perhubungan Tanjungbalai Khairul, Kalaksa BPBD M Ridwan Parinduri, Plt Kadis Pendidikan Azhar, Jajaran pejabat utama dilingkungan Polres Tanjungbalai serta para peserta Apel yang terdiri dari personil Polres Tanjungbalai, TNI, Brimob dan Dishub Kota Tanjungbalai.

Apel diawali dengan penyematan pita tanda Operasi oleh Kapolres Tanjungbalai kepada perwakilan personil. Untuk Perwakilan Personil Penyematan Pita Tanda Operasi Keselamatan Toba – 2021 diantaranya, Briptu Rudi Sahputra, Praka J. Tanjung, Koptu Teguh. S, Briptu Wan AndI dan mewakili Dishub Amiruddin Sitorus.

Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka Operasi Keselamatan Toba 2021 diwilayah hukum Polres Tanjungbalai sesuai dengan tema yakni guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid–19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021.

Dalam sambutannya membacakan amanat Kapolda Sumut Irjen Pol R Z Panca Putra Simanjuntak, Kapolres Tanjungbalai menyampaikan apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta menghambat penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Operasi keselamatan Toba 2021 merupakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai hari Senin 12 April sampai dengan minggu 25 April 2021.

Fokus Operasi Kepolisian ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi. Lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalulintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, ujar Kapolres

Pada Operasi keselamatan Toba 2021 kali ini, kita juga akan melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diantara upaya yang kita lakukan yaitu melakukan pemetaan lokasi penyebaran Virus Covid-19, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya virus COVID-19 melalui kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melaksanakan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, paparnya

Dalam pelaksanaan operasi ini akan melibatkan 2.299 Personil yg terdiri atas 150 satuan tugas Polda serta 2.149 satuan tugas kewilayahan. Data satuan tugas penanganan Covid 19 di Indonesia hingga tanggal 9 April 2021 tercatat 1.558.145 kasus positif, 1.405.659 dinyatakan sembuh serta 42.438 meninggal dunia sementara di Provinsi Sumatra Utara tercatat 27.998 kasus positif, 24.726 dinyatakan sembuh dan 928 meninggal dunia, sebut Putu Yudha Prawira

Dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani yakni Pertama, tetap jaga keseharan serta niatkan setiap pelaksanaam tugas sebafai ibadah kepada tuhan yang maha esa, Kedua, pastikan setiap petsonel yag telah ditugaskan untuk paham tugas dan tanggung jawab, Ketiga, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik kerawanan, kemacatan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas setta oenyebaran Covid-19, Keempat, laksanakan tugas dengan profesional dan humanis berikan pelayanan kewaspadaan melalui peneraoan buddy sistem, Kelima, mantapkan kerja sama, sibergitas dn soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, pungkas Kapolres Tanjungbalai Putu Yudha Prawira.