Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mulai menerapkan aplikasi surat dan lapor secara elektronik dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Ekbangsos Drs. H Zainul Arifin didampingi Kadis Kominfo Walman Riadi P Girsang, Seketaris M. Fadly Lubis, Narasumber Tenaga IT dari Medan yakni Rizky Syaputra serta para ASN se Kota Tanjungbalai kurang lebih 80 orang yang dilaksanakan di Aula I Kantor Wali Kota (Selasa, 23/7/2019)

Asisten Ekbangsos, Zainul Arifin mengatakan penerapan sistem elektronik untuk dua hal itu akan membantu cara kerja pengelolaan administrasi.

“Aplikasi ini bisa membantu cara kerja pengelolaan administrasi agar bisa lebih efisien,” ujarnya

Aplikasi itu, lanjutnya, memudahkan mengontrol surat-surat, memilah surat yang sudah maupun belum ditindaklanjuti. Menurut Asisten Ekbangsos lagi, penerapan aplikasi itu merupakan langkah awal yang baik dalam optimalisasi pekerjaan kita selama ini dari sistem manual, melalui antar langsung ke tujuan surat sekarang lebih praktis dan sederhana hanya melalui aplikasi saja, tambahnya.

“Namun, masih banyak lagi tugas Dinas Kominfo Kota Tanjungbalai kedepan dalam mengembangkan teknologi informasi untuk menjadikan Kota Tanjungbalai sebuah daerah yang maju,” tegas Zainul Arifin.

Aplikasi tersebut sudah mulai diterapkan di seluruh dinas sampai kecamatan dan kelurahan. OPD juga telah berkomitmen untuk menerapkan aplikasi ini.
“Meski di awal masih belum ‘friendly’. Mudah-mudahan cepat terlaksana,” katanya.

Rizky Syaputra, selaku konsultan pembuatan aplikasi E-Surat menjelaskan, aplikasi itu bisa digunakan untuk semua kepala OPD, Eselon II,III, dan IV di masing-masing OPD. Juga digunakan oleh staf untuk operator surat masuk dan keluar berbasis web dan OS android.

Aplikasi e-surat bertujuan untuk mendukung program kegiatan Wali Kota dan ASN dalam rangka mewujudkan optimalisasi penyampaian informasi sehingga cepat ditindaklanjuti dan didisposisi dengan segera. “Jadi seluruh pegawai ASN Kota Tanjungbalai harus menerapkan aplikasi e Surat,” terangnya

Kadis Kominfo Tanjungbalai, Walman Riadi Girsang mengatakan terobosan baru yang diperkenalkan oleh Diskominfo Tanjungbalai merupakan langkah yang baru dalam menanggapi perkembangan teknologi informasi saat ini dan arahan dari Pemerintah Pusat khusus aplikasi e Lapor. Harapan kami nantinya aplikasi yang akan diterapkan ini dapat diterapkan dengan baik dalam membantu pekerjaan kita sehari hari sehingga lebih optimal dan merubah pola lama yang sifatnya manual ke sistem berbasis web, paparnya.

Rencana aplikasi akan diterapkan diseluruh OPD. Untuk aplikasi E-surat dan e Lapor nantinya bisa diakses di website Pemkot Tanjungbalai di dalam portal E-Gov yakni Aplikasi Sistem Administrasi Surat Tanjungbalai (SIASTA) dan SP4N-LAPOR

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here