Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur menjadi nominator mewakili Kota Tanjungbalai dalam ajang penilaian dan pembinaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. Terpilihnya Kelurahan Selat Tanjung Medan mengikuti ajang ini setelah sebelumnya menjadi pemenang Kelurahan Terbaik Kota Tanjungbalai Tahun 2019.

Kehadiran tim penilai yang diketuai Drs. Chandra Silalahi, bersama 6 orang anggota tim, yakni Drs. Koni I Siregar, M Anshori Daulay, SKM, M Liga Dakwah Daulay, S. Sos, Ony Hapsari Manullang, SSTP, MA, M Nirman Subhkan Nasution, disambut oleh Wakil Wali Kota Tanjungbalai Drs. H Ismail, Camat Datuk Bandar Timur Waris Thalib S. Ag dan Rahmat Rambat SE sebagai Lurah yang dinilai oleh Tim dari Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tanjungbalai H. Ismail mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kelurahaan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur. Tentunya kedatangan Tim Penilai diharapkan dapat memberikan masukan untuk mengembangkan hal-hal yang dibutuhkan, sehingga Kelurahan Selat Tanjung Medan dapat menjadi juara dalam perlombaan Kelurahan Terbaik Sumut 2019.

Kelurahaan Selat Tanjung Medan sebagai perpanjangan tangan Pemko Tanjungbalai diungkapkannya, dalam beberapa tahun terakhir telah banyak menunjukkan perkembangan yang pesat dalam pelayanan publik ke arah pelayanan prima yang berbasis modern saat ini. Hal ini ditunjukkan dari pantauan serius Pemko Tanjungbalai yang sudah lebih dulu melakukan evaluasi dengan instrumen data sesuai dengan perkembangan kelurahan dan masyarakatnya. Dengan melaksanakan perlombaan berjenjang oleh pihaknya.

Penetapan Kelurahan Selat Tanjung Medan sebagai pemenang perlombaan Kelurahan Terbaik tingkat Kota Tanjungbalai adalah berdasarkan pada hasil penilaian dan peningkatan poin, yang mencakup bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan serta inovasi lainnya yang dimiliki Kelurahan Selat Tanjung Medan, Sebut Wakil Wali Kota

Saya berharap kepada seluruh Lurah dan Jajarannya untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman dalam memajukan Kelurahan agar terus berkembang ke arah yang lebih baik, sehingga hasilnya dapat dirasakan masyarakat Kota Tanjungbalai, jelasnya.

Ketua Tim Penilai Kelurahan Provsu, Chandra Silalahi mengatakan Penilaian Kelurahan terbaik dikatakan menggunakan acuan Permendagri 81 Tahun 2015, yang bertujuan untuk menentukan status tertentu dari capaian akhir perkembangan sebuah desa dan kelurahan, serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaran pemerintahan, yang diawali dari pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya. Sehingga hasil evaluasi dan titik fokus kelurahan dan desa tersebut menjadi dasar pedoman pembangunan Indonesia dimasa mendatang.

Ada beberapa poin penting yang diperhatikan dalam penilaian Kelurahan Terbaik ini, diantaranya penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, sistem administrasi, program harus selaras dengan Nawacita Presiden RI,dan bentuk-bentuk inovasi yang telah dicapai. Selain itu, tingkat kesehatan dan ekonomi masyarakat jangan sampai dilupakan, sehingga tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Dalam Ekposnya, Lurah Selat Tanjung Medan Rahmat Rambat memaparkan capaian dan Inovasi yang telah dilakukan diantaranya 1 Tahun I Icon yakni program pembinaan Lingkungan menjadikan lingkungan yang sehat, asri dan Bersih, Program “Kita Berbagi” yakni Program Sosial Jajaran Kelurahan Selat Tanjung Medan menyisihkan sedikit Rejeki yang didapat dan menyalurkannya kepada anak Yatim maupun program lainnya yang tentunya berfokus dalam memberikan pelayanan Sosial kemasyarakatan di Kelurahan Selat Tanjung Medan.

Harapannya, semoga nantinya Kelurahan Selat Tanjung Medan dapat masuk 6 Besar dan pada akhirnya berhasil meraih yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara, harapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here