Pagi ini Kota Tanjungbalai diguyur hujan, para peserta pawai alegoris yang terdiri dari Siswa/i SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tetap semangat dalam mengikuti Pawai Alegoris dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan Ke-74 Republik Indonesia. Para peserta dilepas oleh Wakil Wali Kota Tanjungbalai Drs.H Ismail didepan di depan rumah dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Tanjungbalai, (Kamis, 15/8/2019)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Tanjungbalai, Para OPD, Kepala Sekolah serta masyarakat setempat.

Kegiatan ini digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melalui Dinas Pendidikan setempat dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 73.

Antusiasme Para Peserta Pawai tahun ini ditunjukkan dengan rela berbasah-basah. Meski hujan turun, para siswa tetap setia mengikuti pawai dengan semangat

Pawai berakhir di depan Taman Makam Pahlawan Tanjungbalai. Sepanjang jalan yang dilalui, masyarakat tampak antusias menyaksikan. Apalagi di depan Taman Makam Pahlawan, setiap tim allegoris mempertunjukkan atraksi tentang para pejuang dalam merebut kemerdekaan RI.

Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Drs.H Ismail mengatakan Lomba Allegoris merupakan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkot Tanjungbalai melibatkan partisipasi Pelajar dan masyarakat dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk Mengenang sejarah dan Jasa Para Pejuang Bangsa yang dulunya berjuang merebut Kemerdekaan.

Selain itu dikatan Wakil Wali Kota lagi, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah, maka dari itu mari kita semua memotivasikan diri dengan memperingati nilai nilai perjuangan para pejuang Kemerdekaan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan,” ungkapnya

Tentunya saat ini saya sangat mengapresiasi para peserta, kendati diguyur hujan, para peserta tetap antusias mengikuti Lomba Allegoris. Penampilan teaterikal yang dibawakan, hal ini menunjukkan napak tilas para pejuang bangsa.

Harapannya, tentunya kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial akan tetapi bijak bila kita ambil maknanya dengan menghayati yang terkandung di dalamnya,tutup Wakil Wali Kota H. Ismail

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Allegoris Buchori Ginting, S.Pd,MAP mengatakan, ada tiga aspek penilaian pertunjukan alegoris yaitu kesesuaian kostum dan properti, akting dan penghayatan, serta kesesuaian materi dan tema. Penilaian disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Pemenang mendapat tropy, sertifikat dan uang pembinaan.

Para peserta yang berjumlah 26 Sekolah, SMP/MTs sebanyak 18 Sekolah dan SMA/SMK/MA sebanyak 8 sekolah menempuh rute mulai dari Depan Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai (Jalan Sudirman) – Bundaran SMP Negeri 1 – Jalan Sutomo – Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah – Taman Makam Pahlawan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here