Kominfo Tanjungbalai – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menggelar pisah sambut Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tanjungbalai Asahan (TBA) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (2/2/2022) malam.

Acara tersebut dihadiri langsung pejabat lama Dan Lanal TBA yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory dan Dan Lanal TBA baru yakni Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang.

Acara berlangsung sederhana yang diawali dengan Tari Persembahan pembacaan doa sekaligus makan malam bersama dan acara upah-upah dan tepung tawar sebagai adat resam budaya melayu setempat.

Acara diawali dengan pemasangan dan memakaikan kain songket dan calok kepada Aan Prana Tuah Sebayang sebagai Danlanal TBA yang baru oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib

Sementara seluruh unsur Forkopimda juga turut serta menepung tawari dan upah-upah sekaligus memberikan cinderamata kepada Danlanal TBA yang baru.

Plt Wali Kota Waris mengucapkan terima kasih kepada Dan Lanal TBA dibawah Komando Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory atas kerja sama yang selama ini berjalan baik dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai. Menurut Waris, keakraban antara Pemerintah Kota Tanjungbalai dan intansi vertikal seperti TNI AL harus terpelihara dengan baik.

Waris menyampaikan kepada Dan Lanal TBA, Letkol Robinson selama bertugas telah banyak membantu Pemerintah Kota Tanjungbalai. Baik dalam percepatan Vaksinasi Covid-19 maupun tugas-tugas lainnya.

“Selamat jalan dan Selamat bertugas di tempat tugas yang baru semoga di tempat tugas yang baru kariernya semakin cemerlang,” harap Waris.

Waris menyampaikan selamat datang dan bertugas kepada Lanal TBA yang baru Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang di Kota Tanjungbalai.

“Semoga kita dapat menjadi keluarga besar di Kota Tanjungbalai dan menjadi mitra kerja Pemkot Tanjungbalai. PR buat Danlanal Baru agar terus membantu persoalan narkoba di Tanjungbalai. Karena pintu gerbang masuk negeri Jiran Malaysia. Yang telah berkali-kali kedapatan. Dan pertahankan prestasi Danlanal sebelumnya.

“Kami menyambut baik bapak Dan Lanal TBA yang baru Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang dalam melaksanakan tugas baru di Tanjungbalai dan program-program kegiatannya semoga nantinya dapat dirasakan masyarakat Tanjungbalai.

Sementara itu, Letkol Laut (P) Robinson, menyatakan bahwa selama bertugas di kota kerang cukup banyak kesan yang diterima, termasuk dalam hal sinergitas dan kerja sama yang baik antara TNI AL dengan masyarakat maupun unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tanjungbalai.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Tanjungbalai yang telah mendukung sepenunya selama saya bertugas di Tanjungbalai dan Asahan,” ungkap Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory sebagai mantan Danlanal.

Ia berharap, Dan Lanal TBA yang baru bisa lebih meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kota dalam rangka mewujudkan Tanjung Balai lebih baik dari sebelumnya.

“Jika selama saya bertugas di Kota Tanjungbalai Asahan, apabila ada lisan yang kurang berkenaan, ada salah dalam tindakan Saya dan Keluarga mohon dimaafkan,” harap Robinson

Dan Lanal TBA yang baru, Letkol (P) Aan Prana Tuah Sebayang, menyampaikan apresiasi atas sambutan yang dilakukan Pemkot setempat dan mengharapkan kerja sama yang baik dengan semua pihak.

“Terima kasih atas sambutannya dan saya sangat berharap adanya dukungan dari berbagai elemen unsur Forkopimda untuk menciptakan situasi di kota ini lebih kondusif,” kata Aan

“Semoga saya dapat menjadi keluarga besar di Kota Tanjungbalai dan dapat menjadi mitra kerja bersama Pemko Tanjungbalai dan bisa meneruskan prestasi Danlanal lama sebagai Danlanal terbaik se-Indonesia.

Pisah sambut Danlanal TBA turut dihadiri seluruh unsur FKPD Tanjung Balai, para pimpinan kepala OPD/SKPD, pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemuda dan sejumlah pejabat serta personil Lanal Tanjungbalai.