Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai meluncurkan aplikasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) secara Elektronik untuk memudahkan penyusunan pelaporan. Hal ini dilakukan di sela sela kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Kota Tanjungbalai (Rakorpem) yang dilaksanakan di Aula Balai Kota Tanjungbalai (Senin, 2/9/2019)

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH dalam sambutannya mengatakan E-LPPD diharapkan dapat memudahkan kinerja setiap aparatur dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan hingga evaluasi. Keberadaan E-LPPD ini sebagai alat bantu agar setiap daerah dapat segera memasukkan data terkait penyelenggaraan pembangunan daerah. “Selama ini, tim harus memberikan batas waktu hingga mengingatkan satu per satu kepada daerah yang belum menyerahkan data. Melalui E-LPPD ini akan memudahkan untuk memasukkan data, sehingga tidak memakan waktu yang lama.”

Lanjut Wali Kota lagi, E-LPPD merupakan inovasi baru yang bisa digunakan oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dengan menggunakan sistem online dari semua perangkat daerah. Caranya dengan melakukan entri data besaran maupun data pendukung dalam format yang diijinkan oleh sistem E-LPPD.

Kita berharap program terobosan ini mulai diterapkan dalam penyusunan LPPD di tahun mendatang karena target kita jelas yakni meraih kembali pestasi dengan kinerja terbaik,” ujar Wali Kota.

Sementara itu, Plh. Seketaris Daerah, Halmayanti SH menambahkan, sistem ini merupakan sebuah terobosan dan inovasi baru yang digagas Wali Kota Tanjungbalai dalam mendukung Tanjungbalai sebagai Smart City yang mensyaratkan penggunaan IT dalam segala aspek pemerintahannya. Untuk itu, Plh. Seketaris Daerah Halmayanti berharap agar seluruh OPD di lingkungan Pemkot Tanjungbalai untuk mampu mendukung E-LPPD dengan baik.

Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdakot Tanjungbalai, Pahala Zulfikar, S.STP, M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memetakan permasalahan serta mencari solusi atas capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan di 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai, Pahala menjelaskan untuk menyusun aksi peningkatan capaian kinerja LPPD Kota Tanjungbalai secara cepat, akurat dan informatif. “Kita juga harus terus menyosialisasikan aplikasi E-LPPD Kota Tanjungbalai kepada seluruh tim penyusun LPPD di lingkungan OPD Pemkot Tanjungbalai.

“Kami berharap program terobosan ini mulai diterapkan dalam penyusunan LPPD di tahun mendatang karena target kita jelas yakni meraih kembali pestasi dengan kinerja terbaik,” ujarnya.

Sebagai penggagas inovasi e-LPPD, Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Kota Tanjungbalai, Pahala Zulfikar, S.STP, M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memetakan permasalahan serta mencari solusi atas capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan di 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai, Pahala menjelaskan untuk menyusun aksi peningkatan capaian kinerja LPPD Kota Tanjungbalai secara cepat, akurat dan informatif. “Kita juga harus terus menyosialisasikan aplikasi E-LPPD Kota Tanjungbalai kepada seluruh tim penyusun LPPD di lingkungan OPD Pemko Tanjungbalai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here