Hal ini diperoleh usai pengumuman pelaksanaan Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK (TP-PKK) se-Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan di Aula Raja Bahagia Resto, Jalan Arteri, Tanjungbalai (Selasa, 24/9/2019).

Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai yang terdiri dari enam Kecamatan mengikuti lomba masak serba ikan dalam rangka menciptakan ragam menu masakan ikan untuk meningkatkan kualitas gizi dan konsumsi masyarakat terhadap ikan. Lomba ini digelar Pemkot Tanjungbalai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan TP-PKK Kota Tanjungbalai.

Penilaian meliputi profil produk olahan lokal, kemasan/penampilan, cita rasa dan komposisi bahan pangan, potensi pemasaran serta keseimbangan porsi dan keberagaman.

Juara pertama untuk lomba masak serba ikan ini yaitu, TP-PKK Kecamatan Teluk Nibung. Sementara juara kedua dan ketiga masing-masing diraih TP-PKK Kecamatan Tanjungbalai Utara dan TP-PKK Kecamatan Datuk Bandar sedangkan untuk Juara I, II dan III diraih TP-PKK Kecmatan Sei Tualang Raso, TP-PKK Kecamatan Datuk Bandar Timur dan TP-PKK Tanjungbalai Selatan.

Juara pertama pada Lomba Masak Serba Ikan kali ini akan mewakili Kota Tanjungbalai dalam mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Nopember 2019 mendatang.

Sebelumnya Wali Kota Tanjungbalai yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, R Haslina Dyas dalam sembutannya saat membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan lomba masak serba ikan ini merupakan tindak lanjut dari program nasional, gerakan memasyrakatkan masak ikan . oleh karena itu Pemkot Tanjungbalai sangat berterimakasih karena kegiatan ini memberikan pemahaman dan tujuan kepada kita bagaimana pentingnya menu ikan.

Menurutnya, menu ikan tersebut adalah menu yang sederhana dan mudah dicari bahkan tidak memiliki dampak negatif pada kesehatan. “Ketika kita berpikir tentang menu daging itu dampaknya masih ada, tapi ikan tidak ada dampaknya. Menu ikan ini sederhana namun gizinya sangat tinggi,” Ungkapnya

Dia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Kota Tanjungbalai sehat sehingga suatu saat nanti bisa menghasilkan manusia – manusia yang berkualitas.

“Untuk itu kegiatan ini sangat penting sekali bagi pemerintah dan masyarakat yang berkaitan dengan memasyarakatkan masak ikan ini dalam kehidupan sehari – hari. Di Kota Tanjungbalai ikan adalah menu utama karena kita ketahui ikan sangat mudah didapatkan.”

Sesuai dengan tema kegiatan ini, yakni “Melalui Lomba Masak Serba ikan tingkat Kota Tanjungbalai, kita ciptakan ragam menu masakan ikan untuk meningkatkan kualitas Gizi masyarakat dan Konsumsi masyarakat terhadap ikan”. Kita berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Tanjungbalai akan manfaat ikan bagi kesehatan kita semua sekaligus sebagai motivasi untuk terciptanya berbagai kreativitas dari para peserta dalam mengolah ikan dengan lebih beragam lagi dan tentunya dengan peningkatan nilai rasa serta Gizi pada masakan ikan tersebut.

Sementara itu Kelapa Dinas Perikanan Kota Tanjungbalai yang diwakili Seketaris Arman Fadilah S.Pd mengungkapkan, tujuan kegiatan lomban tersebut untuk miningkatkan pengetahuan dan keterampilan masak menu ikan keluarga berbahan baku ikan , memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan miningkatkan konsumsi ikan masyarakat terhadap ikan – ikan lokal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here