Sebanyak 146 TKI asal Tanjungbalai yang baru saja pulang dari Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, Senin (18/5/2020) sore dengan diangkut Kapal Ferry Pacific Jetstar I. Saat tiba di Pelabuhan, seluruh TKI yang merupakan warga Tanjungbalai tersebut langsung menjalani pemeriksaan kesehatan. Saat keluar dari kapal, seluruh TKI langsung dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas medis sebelum mengikuti proses pemeriksaan kesehatan lanjutan. Mereka diwajibkan untuk melalui alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) dan Rapid Test Covid-19 sesuai protokol kesehatan untuk menskrining awal apakah ada gejala awal terinfeksi Virus Corona.

Ratusan TKI tersebut diangkut Kapal Ferry Pacific Jetstar I yang diberangkatkan dari Tanjungbalai, Sumut. Sekitar pukul 01.00 Wib.

Hingga berita ini diturunkan, para TKI masih dalam pemeriksaan Rapid Test Covid-19 oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Tanjungbalai. Jika nanti ditemukan ada yang positif Rapid Test, akan langsung dibawa ke RSUD dr. Tengku Mansyur untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Sebelumnya, Para TKI yang merupakan warga Tanjungbalai ini dijemput langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH bersama Forkopimda Tanjungbalai saat tiba di Pelabuhan Teluk Nibung.

“Tentu kita berharap agar hasil tes mereka negatif agar bisa kembali ke rumah masing-masing. Sembari menunggu hasil tesnya, mereka akan ditempatkan di Karantina Sementara (Gor Mini), Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai,” ungkap Wali Kota H.M Syahrial.

Pemulangan Warga Tanjungbalai dari Malaysia ini merupakan wujud kepedulian kita bersama, Pemkot Tanjungbalai bersama Forkopimda. Apalagi sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri, insyaallah lebaran tahun ini seluruh warga kita yang dari Malaysia dapat merayakan lebaran bersama keluarga masing masing, ujar Wali Kota H.M Syahrial.

Salah seorang Tenaga Kerja Indonesia Asal(TKI) Warga Kampung Baru,Kota Tanjungbalai, Nabila menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walikota Tanjungbalai, H.M.Syahrial atas partisipasi nya untuk penjemputan kami tiba di Indonesia.

Ia menyebutkan,selama berbulan bulan ini pada masa lockdown dimalaysia dengan adanya wabah virus carona(Covid-19)kami tidak dapat bekerja dan kesulitan untuk makan di Malaysia.Ungkapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here