Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Drs H Ismail pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke- 54 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Halaman Balai Kota Tanjungbalai (Selasa, 1/10/2019)

Wakil Wali Kota, H Ismail menyampaikan, upacara ini dilaksanakan untuk mengenang tujuh (7) Perwira TNI AD (Pahlawan Revolusi) atas kesetiannya kepada Pancasila sebagai dasar negara.

“Ketujuh Pahlawan Revolusi tersebut terbunuh dalam kudeta yang disebut Gerakan 30 September (G30S)/PKI tahun 1965,” katanya.

Menurutnya, nilai yang terkandung dalam Pancasila sudah sangat lengkap, mulai dari ketuhanan hingga keadilan. Nilai-nilai tersebut seharusnya bisa menginspirasi setiap individu untuk lebih menghormati orang lain, memperkuat persatuan dan menatap tantangan era globalisasi.

Wakil Wali Kota juga berpesan “Masyarakat jangan sampai memberi ruang pada ideologi-ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila, khususnya paham radikal dan komunis yang berkembang ditengah-tengah masyakarat, khususnya di Kota Tanjungbalai.

Masyarakat harus memegang teguh Pancasila, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”.

Saya berharap peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dapat dijadikan momentum untuk memaknai bagaimana menghadirkan kembali Pancasila di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. “Marilah kita wujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa. Ideologi Pancasila adalah yang utama dan menjadi pegangan hidup bangsa, terutama dalam menjaga semangat membangun Kota Tanjungbalai,” ungkapnya.

Upacara juga dihadiri Forkopimda Tanjungbalai, Ketua Sementara DPRD Tengku Eswin ST, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri siswa/siswi, mahasiswa, dan lainnya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here