Wali Kota H.M Syahrial Hal ini disampaikan Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH saat menerima Audiensi Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi Alwashliyah Kota Tanjungbalai di rumah dinas Wali Kota (Selasa, 4/12/2018). Wali Kota berharap pendirian perguruan tinggi di Kota Tanjungbalai, sudah dapat diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Saya sangat senang, dan mendukung serta berharap dapat segera diwujudkan. Pembangunan Universitas Alwashliyah (Univa) merupakan wujud peran serta Alwashliyah dalam rangka sinergitas dan peningkatan kualitas pendidikan khususnya Pendidikan di perguruan tinggi sehingga memudahkan para siswa tamatan SMA tidak harus menempuh kuliah ke kota Medan lagi,” sebut H.M Syahrial.

Saat ini Kita telah memiliki Perguruan Tinggi, Politeknik Tanjungbalai. Ditambah lagi Pendirian perguruan tinggi Univa ini diharapkan memberikan multiplayer effect pada perekonomian Kota Tanjungbalai. “Saya ingin sekali orang bangga dengan Kota Tanjungbalai. Saya juga ingin masyarakat disekitar Kota Tanjungbalai baik dari Labuhan Batu Utara, Asahan dan daerah lainnya bangga anak-anak mereka menempuh kuliah ,” kata Wali Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya Seketaris Al Washliyah Tanjungbalai, Meri Simargolang didampingi Ketua Panitia Pendirian Perguruan Alwashliyah Tanjungbalai Muhammad Fajrin Pane, S.HI., M.Hum menyampaikan maksud kedatangan mereka dalam rangka pendirian Universitas Alwashliyah Kota Tanjungbalai.

Ketua Panitia pendirian Universitas Alwashliyah (Univa) Tanjungbalai Fajrin Pane mengatakan, berdasarkan Permendikti nomor 51 Tahun 2018 tersebut menegaskan Universitas yang akan didirikan paling sedikit menyelenggarakan 5 (lima) Program studi padaProgram Sarjana yang mewakili 3 (Tiga) Program Studi dari rumpun ilmu alam, rumpun ilmu terapan yang meliputi pertanian, arsitektur dan lain-lain serta 2 (dua) Program studi dari rumpun ilmu agama, rumpun ilmu humaniora, sosial dan ilmu terapan seperti bisnis, pendidikan, hukum, komunikasi, administrasi publik dan pekerja sosial.

Ditambahkan lagi, bahwa Univa ini tidak menyelenggarakan program studi yang sama dengan program studi pada program studi pada Perguruan Tinggi yang telah ada di universitas yang ada di kota Tanjungbalai tempat Univa Tanjungbalai berada nantinya. Namun nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Tanjungbalai dan petunjuk dari Lembaga Pendidikan yang berwenang yakni Dikti, ujar Muhammad Fajrin Pane.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here