Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH melepas keberangkatan sebanyak 177 orang Jamaah calon haji Kota Tanjungbalai menuju asrama haji Medan, Selasa pagi (30/7/2019) dari lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjungbalai.

Beliau menyampaikan harapannya kepada 177 Jamaah Calon Haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci Makkah tahun ini hendaknya sebanyak itu pula yang akan kembali pulang ke Kota Tanjungbalai.

Wali Kota, H.M Syahrial kembali mengingatkan para jamaah untuk terus menjaga kesehatan selama berada di tanah suci.

Karena melaksanakan haji adalah ibadah yang banyak mengandalkan fisik, untuk itu jamaah calhaj diimbau menjaga kesehatannya.

“Sehat itu adalah prioritas, kami mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci. Dan sekembalinya ke Tanjungbalai menjadi Haji mabrurl,” ujar Wali Kota.

“Saya berharap bapak dan ibu bisa menjaga kesehatan, ada proses lebih dari dua minggu di tanah suci untuk bersama sama melaksanakan wukuf di Arafah,” ujarnya.

Ditambahkan lagi, mengingat bahwa suhu di tanah Arafah mencapai 42 derajat celcius, sehingga para jamaah harus benar-benar dalam kondisi yang bugar agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Wali Kota juga mengajak para calhaj mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena diberi kesempatan menunaikan ibadah haji, sebab mungkin beberapa di antara jamaah pasti ada yang sudah lama menunggu. Untuk itu saya ucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji buat seluruh Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai, Insyaallah kita semua diberkahi Allah SWT, sebut Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tanjungbalai, H.Maralelo Siregar menekankan kepada TPHD agar benar-benar melaksanakan tugas dalam membimbing para jamaah dalam melaksanakan syarat dan rukun haji.

“Kami minta TPHD terus membimbing jamaah, semoga nanti tidak ada suara-suara sumbang yang muncul dari jamaah terhadap tim pendamping,” kata H.Maralelo Siregar.

Dari 177 orang jamaah calhaj Kota Tanjungbalai, tercatat jamaah tertua/lanjut usia atas nama Umar Siagian bin Uwen Siagian (83 tahun), dan termuda usia 27 tahun atas nama Ahmad Muammar Khairi bin H. Thamrin Munthe.

Jamaah calhaj 1440 Hijriah/2019 Masehi ini didampingi dua orang Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) dan 3 orang petugas Kloter yang terdiri dari TPHI, TPIHI dan TKHI.

Calhaj Kota Tanjungbalai yang bergabung dalam Kloter 19 Embarkasi Medan dengan calhaj Kota Medan dijadwalkan masuk asrama haji pada hari ini, dan Rabu (31/7) sekitar pukul 19.05 akan berangkat dari Kuala Namu menuju Jeddah dengan penerbangan GA 3119. Berangkat dari Kuala Namu menuju Jeddah Rabu (31/7) pukul 19.05 Wib dan tiba di Jeddah (31/7) Pukul 23.40 WAS. Dijadwalkan Jamaah Haji Kota Tanjungbalai akan tiba kembali di tanah air (12/9).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here