Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH bersama Wakil Wali Kota H. Ismail serta Forkopimda Kota Tanjungbalai menyambut ribuan peserta Pawai Akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Tanjungbalai, Senin (2/9/2019) sore.

Kegiatan Pawai Peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1441 H yang di gelar oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai tersebut mengambil start di depan Masjid Raya Sultan Ahmadsyah sebelumnya dilepas oleh Asisten Ekbangsos Drs. H Zainul Arifin dan diikuti oleh TPQ, TPA, Pelajar tingkat SD, SMP, SMA Se Kota Tanjungbalai, ASN, Etnis, Masyarakat Kota Tanjungbalai serta undangan lainnya.

Dalam momentum tahun baru Islam itu, Wali Kota Tanjungbalai mengimbau kepada masyarakat agar perayaan tahun itu dapat dijadikan momen untuk hijrah dari perilaku negatif menuju perilaku yang positif dan menjaga Persaudaraan antar sesama.

“Momentum peringatan tahun baru Islam dapat memberikan nilai positif pada kita untuk berbenah dari perbuatan yang buruk ke perbuatan yang baik. Sehingga, dapat memberikan manfaat kepada orang lain, terutama yang ada di sekitar kita,” katanya.

Lebih lanjut Wali Kota H.M Syahrial, mengatakan bahwa nilai Tahun Baru Islam adalah untuk mengajak Umat Islam supaya terus introspeksi dan memperbaiki diri, serta meningkatkan ibadah. “Mari mengubah perilaku kita untuk digunakan pada hal yang baik-baik,” ajaknya.

“Tahun baru hijriah merupakan momentum yang teramat penting dalam sejarah perjuangan agama dan umat Islam.”

“Peringatan ini juga sebagai bentuk dari kesungguhan kita bersama dalam mengagungkan kebesaran Islam sebagai agama panutan dan pedoman berkehidupan,” katanya.

Kemudian Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk bersama-sama memperkuat ketakwaan kepada Allah SWT. Sesuai tema Tahun baru Islam “Melalui semangat Tahun baru Hijriah 1441 H/ 2019 M Kita Tingkatkan Persaudaraan dan Kepedulian antar sesama Untuk Mewujudkan Tanjungbalai yang Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis (BERSIH).”

“Dengan peringatan 1 Muharam, saatnya kita kembali kepada nilai-nilai Illahi dan moralitas Qurani, serta berpegang teguh kepada akhlak Rasulullah SAW,” katanya lagi.

Para peserta pawai terlihat antusias mengikuti pawai dengan membawa berbagai alat peraga seraya mengumandangkan syair-syair Islam dan selawat.

Parade Etnis dengan Pakaian adat daerah dan Replika Patung Onta yang dibawakan Para Siswa serta Bazar juga disediakan semakin memeriahkan suasana 1 Muharam di Kota Kerang tahun ini. Warga kota tak terkecuali ikut menyambut dan menonton dari pinggir jalan di sepanjang rute yang dilalui oleh peserta pawai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here