Sebanyak 216 warga Kabupaten Asahan yang merupakan para Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI yang bekerja di negeri Jiran Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai pada pukul 22.55 Wib, Kamis malam (2/7/2020). Saat tiba di Pelabuhan, Para PMI dijemput langsung oleh Bupati Asahan H. Surya B. Sc yang juga didampingi Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial serta Forkopimda Asahan dan Tanjungbalai, Kapolres Asahan, AKBP. Nugroho Dwi Karianto, SIK, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K. M.H, Dan Dim 0208/AS, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos (Dandim 0208/AS), Dan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Dafris, Kakan KSOP Kelas IV TBA, Afrizal Tanjung, Kakan Bea Cukai TBA, I Wayan Sapta Dharma

Para PMI tiba dari Terminal Ferry ASA NIAGA Port Klang Selangor Malaysia dengan menggunakan MV. Pacific Jet Star I.

Dengan melalui proses yang cukup panjang, akhirnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Asahan yang bekerja di Negeri Jiran tetangga Malaysia hari ini dapat pulang kekampung halamannnya di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengatakan bahwa jumlah PMI yang dipulangkan  ke Indonesia berjumlah 216 orang yang terdiri dari 208 PMI Asal Asahan dan 8 orang dari KBRI.

Dan untuk pemulangan para PMI ini tidak ada dipungut biaya sama sekali, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan. Sedangkan untuk proses pemulangan PMI Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia dan  Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia.

Bupati Asahan juga mengatakan, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini yang disebabkan adanya permasalahan administrasi.

“Ya, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini, yang seharusnya Kembali  ke Kabupaten Asahan pada hari Rabu (01/07/2020). Akan tetapi karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia akhirnya PMI baru bisa kembali  ke Kabupaten Asahan pada hari ini, (02/07/2020),” ujar Bupati Asahan.

Selanjutnya, Bupati Asahan mengatakan untuk para PMI yang baru pulang ini akan kita bawah ketempat karantina yang berada di Kolam Renang Pemkab Asahan, dan setelah sampai disana para PMI ini akan diantar oleh Camatnya masing-masing , kemudian Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol keadaan para PMI tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai, Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami Pemerintah Kabupaten Asahan dalam proses pemulangan PMI ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here