Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Adat Budaya Melayu (MABMI). Rakernas MABMI dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, Minggu Sore di Hotel Adi Mulia, Medan (7/10/2018).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengingatkan 263 juta penduduk Indonesia untuk bersatu demi kemajuan bangsa dan Negara, meskipun berbeda-beda latar belakang agama, suku dan budaya, termasuk berbeda pilihan politik. Sebab persatuan merupakan aset terbesar bangsa Indonesia.

“Perbedaan itu adalah anugerah dari Allah, sudah menjadi sunatullah. Kita berbeda suku, adat, bahasa daerah, berbeda tradisi. Jangan sampai perbedaan-perbedaan itu memecah belah kita. Perbedaan itu akan menjadi kekuatan besar dan bisa menjadi potensi bila kita bersatu. Aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, persatuan, dan kerukunan,” kata Presiden Jokowi

Sementara Ketua Umum PB MABMI, Dato’ Seri Syamsul Arifin menekankan perlunya masyarakat Melayu menjaga dan memperkuat rasa kebangsaan, persatuan, kesatuan dan kebhinekaan demi keutuhan NKRI.

Rakernas MABMI mengangkat tema “Dengan Semangat Reformasi MABMI Menyatukan Visi, Misi dan Persepsi untuk Mendukung Suksesi Pileg dan Pilpres Tahun 2019”.

Rakernas MABMI bertujuan untuk memberi penajaman terhadap program kerja organisasi hasil Mubes MABMI Tahun 2015 di Medan. Antara lain MABMI harus pro aktif dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pemerintah harus membuka akses pembangunan pada daerah-daerah kantong kemiskinan wilayah-wilayah Melayu.

Rakernas MABMI juga dihadiri Menteri Kabinet Kerja seperti Kepala BIN, Budi Gunawan dan Seskab, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto. Pangdam I/BB, Mayjen M Sabrar Fadhilah, Para Bupati/Wali Kota Se Sumut, PB MABMI Datok Sri Syamsul Arifin, Mantan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi dan Para Pemangku Adat Melayu.

Sebelummya Presiden Jokowi diberi gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri, oleh masyarakat dan pemuka Adat Melayu Sumatera Utara. Pemberian gelar dipimpin langsung oleh Sultan Deli XIV, Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam di Istana Maimun medan.

Usai Pembukaan Rakernas Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka MTQ Nasional XXVII di Astaka Jalan Williem Iskandar Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here