Dalam rangka memberikan literasi dan inklusi keuangan bagi pelajar di Kota Tanjungbalai, Bank Sumut bekerja sama dengan Pemkot Tanjungbalai serta Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai menggelar sosialisasi Simpanan Pelajar (SIMPEL) dan launching pembukaan rekening tabungan pelajar siswa siswi berprestasi di Kota Tanjungbalai tahun 2020 yang dilaksanakan di aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota (Kamis, 1/10/2020).
Sosialiasi digelar dalam rangka untuk memberikan gerakan sadar menabung sejak dini khususnya bagi para pelajar yang ada di Kota Tanjungbalai. Acara yang dibuka oleh Sekdakot Tanjungbalai, Yusmada dan dihadiri Pimpinan Bank Sumut Kota Tanjungbalai, Ali Akbar Lubis, Asisten Ekbangsos Zainul Arifin, perwakilan kantor otoritas jasa keuangan (OJK) kantor regional 5 sumbagut, Andi Muhammad Yusuf, Plt Kadis Pendidikan, mewakili kantor Kemenag Tanjungbalai, Kabag Perekonomian Setdakot Tanjungbalai serta para guru dan para pelajar berprestasi penerima buku tabungan.
Sekdakot Tanjungbalai, Yusmada dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan pendidikan dan literasi terkait keuangan bagi para generasi penerus bangsa. “Atas nama Pemkot Tanjungbalai, kami mengapresiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan Sosialisasi SIMPEL dan Launching pembukaan rekening tabungan pelajar berprestasi ini semoga bermanfaat dan mampu memberikan pendidikan kepada anak yang merupakan generasi penerus,” ujarnya.
Lebih lanjut dirinya mengatakan, gemar menabung perlu ditanamkan sejak dini.
Menurutnya, program yang diselengarakan ini baik dan juga merupakan program generik Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Provsu, program One Student One Account (OSOA) yang dikenal sebagai program satu rekening satu pelajar (KEJAR) yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan inklusi keuangan daerah.
Kami mengucapkan terimakasih kepada PT Bank Sumut Cab. Tanjungbalai dan OJK KR 5 Sumbagut yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Harapannya, melalui kegiatan ini para siswa-siswi dibekali ilmu untuk menabung sejak dini, yang nantinya bisa menjadi bekal untuk mengelola keuangan di masa yang akan datang, ujar Sekdakot Yusmada
“Misalnya, uang saku dari orang tua bisa dihemat. Kalau sehari anak anak kami dapat menyisihkan Rp 1.000 saja, sebulan sudah Rp 30.000 dan setahun sudah Rp 365.000. Dengan demikian pada suatu saat anak anak kami sekalian di akhir tahun pelajaran mau beli buku atau beli peralatan sekolah bisa pakai tabungan sendiri,” pungkasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Bank Sumut, Ali Akbar mengatakan program ini untuk meningkatkan kemaun menabung bagi siswa. Sekaligus memberikan pemahaman yang baik mengenai mengelola keuangan di usia dini.
“Dengan gerakan ini Bank Sumut hadir membantu para pelajar di Kota Tanjungbalai, untuk tahap awal para pelajar diberikan langsung sebesar Rp 100.000 sebagai awal pembukaan rekening di buku tabungan SIMPEL Bank Sumut dan setoran selanjutnya langsung dilakukan oleh adik adik kami sekalian,” ucapnya.
“Kami berharap mampu bersinergi bersama Pemkot Tanjungbalai dalam membangun Kota Tanjungbalai dan sekaligus memperkenalkan transaksi-transaksi perbankan bagi pelajar,” tandasnya
Dalam kesempatan tersebut, Sekdakot Tanjungbalai memberikan secara simbolis buku tabungan kepada para pelajar melalui pembukaan rekening awal tabungan sebesar Rp 100.000 yang sudah ada dalam buku tabungan para pelajar penerima. Berdasarkan laporan ada 55 pelajar yang mendapat bantuan SIMPEL dari Bank Sumut mulai dari pelajar tingkat SD/MIN, SMP/MTsN sebanyak 45 orang serta 15 orang dari SMA/SMK se Kota Tanjungbalai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here