Dalam rangka penguatan koordinasi dan sinkronisasi kependudukan yang terintegrasi antar lintas sektoral dan berbagai elemen masyarakat yang merupakan tujuan dan komitmen bersama Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan kependudukan yang berkualitas. Dalam mewujudkan hal tersebut Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan Kegiatan Advokasi Rencana Induk Kependudukan tahun 2018 di Kota Tanjungbalai. Acara yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungbalai yang diwakili Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, S.Sos.M.I.Kom berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Tanjungbalai (Kamis, 11/10/2018).

Kegiatan yang dihadiri Laura Ance Sinaga, SKM, MHSM, MPH Kabid Pengendalian Penduduk pada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provsu, Prof. Drs Heru Santosa, MS, PhD sebagai Narasumber yang menyampaikan “Grand Design Pembangunan Kependudukan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah”, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai Ernawaty, Para Kepala OPD, BPS serta Camat.

Wali Kota Tanjungbalai dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung mengatakan Grand Design pembanguan kependudukan terdiri dari 5 (lima) jenis yakni Grand Design Pengendalian Penduduk, Kualitas Penduduk, Mobilitas Penduduk, Kesejahteraan Keluarga dan Informasi Kependudukan.

“Dengan Pelaksanaan Kegiatan Grand Design Pembangunan Kependudukan di Kota Tanjungbalai memiliki makna yang sangat penting sebagai upaya menyatukan Visi dan Misi Program dan Kegiatan Pembangunan yang berwawasan Kependudukan di Kota Tanjungbalai, hal ini dapat diwujudkan dengan penyelarasan lintas sektoral, lintas program dan lintas daerah sesuai kewenangan masing-masing,” Sebut Nurmalini Marpaung.

Jumlah Penduduk Kota Tanjungbalai sebanyak 154.445 Jiwa, dimana jumlah PUS per September 2018 sebanyak 24.436 dan yang ikut ber-KB sebanyak 16.878 dari data inilah diperlukan langkah strategis dalam mengatasi laju pertumbuhan penduduk yang salah satunya dengan melaksanakan Grand Design Pembangunan Kependudukan.

Beberapa Upaya yang dilakukan Pemko Tanjungbalai dalam menekan jumlah penduduk di Kota Tanjungbalai diantaranya, Pembentukan Kampung KB, Pembentukan Rumah data kependudukan, dilaksanakannya pelayanan KB gratis secara rutin, adanya kerja sama dengan TNI dalam kegiatan TNI Manunggal KB Kes dan IBI KB Kes serta adanya kerja sama dibidang pendidikan dalam “Genre” yaitu penundaan Usia Pernikahan bagi remaja, Papar Asisten Pemerintahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here