Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menggelar kegiatan pembinaan mental spiritual umat Islam bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemkot Tanjungbalai di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai (Rabu, 8/9/2021)

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib mengatakan, pembinaan mental spiritual tersebut bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah serta mengevaluasi diri maupun meningkatkan kualitas kesalehan ASN di lingkungan kerja maupun di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Kegiatan keagamaan harus kita semarakkan kembali seperti pemerintahan yang terdahulu. Dalam roda pemerintahan ini kegiatan bina mental saya nyatakan akan rutin dan tetap dipertahankan,” Kata Plt Walikota Tanjungbalai, Waris Tholib.

Untuk menciptakan perubahan mental dan etika ASN dalam merealisasikan budaya kerja yang baik, ASN dituntut harus memelihara, meningkatkan keimanan dan takwanya kepada Allah SWT.

“Ada kemudahan hidup dan hikmah nantinya yang kita dapatkan jika selalu menghadiri Majelis Taklim. Dalam Melaksanakan tugas, ASN perlu keimanan yang kokoh. Jadi kalau sudah kokoh iman kita, tak ada lagi niat untuk melakukan kesalahan atau berbuat kenakalan yang efeknya bisa menjerumuskan. Dibutuhkan ASN yang berakhlakul karimah dalam menjalankan tugas-tugas nya,” jelas Waris.

Pembinaan mental dan spiritual diisi dengan tausiyah kajian keislaman yang disampaikan Dai dari Kota Medan, Al Ustadz Haidir AW, yang membahas materi ceramah Tasawuf.

Peserta pembinaan diikuti sekitar 165 peserta yang terdiri dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkot Tanjungbalai dan ASN utusan dari masing-masing OPD dan Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.