Diskominfo Tanjungbalai – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib mendatangi kediaman salah seorang warga bernama Ibrahim (30), pengidap gangguan jiwa yang tinggal di Lingkungan 3 Kelurahan Selat Tanjung Medan, Datuk Bandar Timur, Tanjungbalai, Jumat sore (10/6/2022).

Plt Wali Kota Waris melihat langsung kondisi Ibrahim dengan keadaan terisolasi di sebuah ruangan di belakang bekas rumahnya.

Plt Wali Kota juga menyempatkan diri berbincang bincang dengan kakak Ibrahim, Masnah (48). Kedatangan Plt Wali Kota Waris juga mendadak membuat Masnah terharu dan meneteskan air mata.

Plt Wali Kota Waris menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai akan memberikan perhatian lebih kepada Ibrahim, terutama pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) secara rutin dari pihak Puskesmas.

“Pemkot Tanjungbalai akan berupaya memikirkan kelangsungan hidup warga kita seperti (Ibrahim). Kami melihat, pihak keluarga yang sakit ini nampaknya juga tidak mampu mencukupi atau memenuhi kebutuhan sandang pangan. Kami akan musyawarahkan bagaimana cara mengatasi persoalan ini. Termasuk kepada semua pihak yang mungkin berkenan untuk membantu saudara Ibrahim,” ungkap Waris

Kami dari Pemerintah Kota Tanjungbalai tetap berkomitmen, bagaimana sekuat tenaga berupaya bisa membantu keadaan warga yang seperti ini. Walaupun bantuan nanti mungkin tidak dapat memenuhi segala apa yang menjadi keinginan mereka,” ujarnya lagi

Kondisi Ibrahim diketahui Plt Wali Kota Tanjungbalai dari Kepala Lingkungan (Kepling) setempat, sehingga langsung memantau ke lokasi.

“Saya dapat informasi dari kepling, lurah dan camat juga. Bahwa kehidupan Ibrahim sebagai pengidap gangguan jiwa sangat memprihatinkan, termasuk ekonomi keluarganya,” ucapnya.

Rumah Ibrahim dan kakaknya yang sudah terjual juga menjadi perhatian Plt Wali Kota Waris.

“Sangat memprihatinkan sekali,
karena rumah mereka sudah dijual dan hasil penjualan rumah itu menyelesaikan hutang-hutang mereka selama ini,” sambungnya lagi

Mereka butuh perhatian bantuan kita semua. Kakaknya Ibrahim, tinggal di rumah saudaranya, Ibrahim tinggal sendiri diruangan khusus. Kami akan pikirkan bagaimana solusi terhadap keluarga ini. Sehingga Ibrahim dan Masnah mendapat tempat yang layak,” pungkas Waris.

Saat memantau, Plt Wali Kota turut didampingi Kadis Sosial M Idris, Plt Kadis Kesehatan dr Ali Azhari, Plt Camat Datuk Bandar Timur Hamdani dan Kabag Kesra Mhd Fakhrialdi