Kominfo Tanjungbalai – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib didampingi Plh Sekdakot Nurmalini Marpaung dan para Kepala OPD menghadiri acara Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, di The Rich Jogja Hotel, Sleman, Yogyakarta.

Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) tingkat Nasional melaksanakan acara tersebut selama tiga hari 13-15 Oktober 2021.Acara ISCFE dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual.

Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris usai mengikuti pertemuan ISCFE 2021 mengatakan kota Tanjungbalai akan melakukan upaya percepatan Smart City yang merupakan rencana pembangunan jangka panjang Nasional.

“Sesuai apa yang disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi dan para narasumber. Perlu dikolaborasikan dan disinergikan antar daerah – daerah Pemerintah Kota se Indonesia. Dengan tujuan bagaimana percepatan pelaksanaan Smart City bisa merata di seluruh daerah,” kata Waris.

Waris menyatakan Pemkot Tanjungbalai akan mengembangkan dalam satu basis data yang terintegrasi untuk seluruh OPD di dalam penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat sosial pada umumnya.

“Bagaimana substansi tiga hal yang menjadi poin penting dalam smart city adalah pertama efisiensi, kemudian yang kedua adalah terkait partisipasi, dan yang ketiga adalah transparansi. Hal inilah yang terus akan kita lakukan dan benahi di Kota Tanjungbalai,” pungkasnya.