Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, BPBD Kota Tanjungbalai menggelar pelatihan Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam (Pelatihan Rescue). Kegiatan yang bertujuan untuk melatih serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana ataupun potensi bahaya. Pelatihan dilaksanakan di di Kantor Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjungbalai Asahan yang beralamat dijalan TPI Bagan Asahan (Selasa, 19/3/2019).

Pelatihan yang dilaksanakan diikuti 20 Peserta yang terdiri dari Satuan Tugas (Satgas) dan relawan BPBD Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan selama 5 (Lima) Hari yang difokuskan pada kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana.

Acara dimulai dengan Upacara Pembukaan Diklat yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Tanjungbalai Bapak M.Ridwan Parinduri, S. STP, M. Si sebagai INSPEKTUR upacara dan didampingi oleh PERWIRA UPACARA Ade Willy Penasehat Himpipsos Tanjungbalai dan juga dihadiri Joni Superiadi, SE, M.Si, Kasi Sumber Daya Kantor SAR Medan.

Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD menyampaikan bahwa satgas harus lebih terampil dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana serta harus lebih tau tentang MITIGASI seperti pra bencana maupun pasca bencana. Karena, ketika berbicara bencana maka kesiapan para team dan keselamatan yang harus di prioritaskan.

Saya berharap kerjasama yang telah dibangun antar relawan dan BPBD dapat terus terjalin dan menjadi mitra tetap BPBD kota Tanjungbalai yaitu Team Gerak Cepat HIMPIPSOS terus ditingkatkan mengingat sangat pentingnya peran masyarakat dalam tanggap bencana, sebut Kalaksa BPBD M. Ridwan Parinduri

Kepala Pos Pencarian dan Pertolongan kota Tanjungbalai Asahan, Bobbi Purba menyampaikan bahwa sebelum kegiatan dimulai, pihaknya telah memberikan pemahaman penting berkaitan dengan proses latihan termasuk mencek kesehatan para peserta Diklat terlebih dahulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here