Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagper) Kota Tanjungbalai menggelar pelatihan keterampilan pembuatan hantaran. Ada sekitar 10 orang yang terlibat sebagai peserta dalam pelatihan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (Senin, 28/1/2019). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Hantaran dibuka langsung oleh Ketua TP.PKK Kota Tanjungbalai Hj. Sri Silvisa Novita dan dihadiri Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung S. Sos, M. I. Kom, Para Pimpinan OPD dan Anggota PKK Sekota Tanjungbalai.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP. PKK) Kota Tanjungbalai Hj.Sri Silvisa Novita dalam sambutannya menyebutkan, dalam pelatihan ini melibatkan peserta para pengurus PKK kota, Kecamatan dan kelurahan se Kota Tanjungbalai. “Dengan pelatihan ini diharapkan, selain mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan, PKK juga memiliki keterampilan yang berguna menambah usaha untuk membantu penghasilan keluarga,” ujarnya.

Ditambahkan lagi, keterampilan pembuatan hantaran yang dimaksud, keperluan yang biasa dibawa saat Pernikahan atau Lamaran karena hal ini terikut budaya daerah Melayu.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya juga menekuni usaha ini, berbekal ilmu desain yang saya miliki. Saya terus menggali keahlian, mengikuti perkembangan zaman dan selera konsumen, alhamdulillah permintaan terus meningkat, sebut Hj. Sri Silvisa Novita

“Bentuk dan Desain Hantaran di Kota Tanjungbalai saat ini kurang update dan belum mengikuti perkembangan zaman, saya berharap dengan pelatihan ini ada inovasi dan perubahan desain baru sehingga nantinya mampu bersaing dengan produk daerah lainnya di indonesia, Sebut Ketua TP.PKK Tanjungbalai mengakhiri sambutanya.

Sebagai pemberi materi, Panitia Pelaksana menghadirkan nara sumber pembuat hantaran dari Kota Medan.

Kadis Disdagper Tanjungbalai, Arman Fadillah S. Pd, mengatakan pihaknya berharap dengan membuat dan menjual souvenir Hantaran ini, ibu-ibu bisa menambah pendapatan keluarga. Dia juga berharap permintaan masyarakat yang cukup tinggi akan hantaran yang berkualitas dan murah bisa terpenuhi dengan mudah karena banyak ibu yang telah terlatih membuatnya.

“Pelatihan pembuatan Hantaran ini hasil kerjasama Disdagper dengan PKK Kota Tanjungbalai. Harapan kami ibu-ibu PKK bisa membuat souvenir Hantaran di rumah masing-masing dan menambah income rumah tangga,” Kata Kadis Perdagangan dan Perindustrian Tanjungbalai Arman Fadillah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here