Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset (BPKPAD) Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Layanan Hibah dan Bantuan Sosial Kota Tanjungbalai (SIALANG), di Aula Kantor Wali Kota Tanjungbalai Kamis Sore (20/9/2018).

Dengan adanya aplikasi SIALANG diharapkan transparansi anggaran dapat diperiksa oleh masyarakat secara langsung, khususnya terkait Prosedur dan Penyaluran dana hibah yang lebih mudah, cepat dan transparan.

Hal ini dikatakan Plt. Kepala BPKPAD Asmui Rasyid S.STP bahwasanya BPKPAD meluncurkan Aplikasi ini dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dan Organisasi masyarakat untuk mengakses dan ikut serta mengawasi penyaluran dana hibah di kota tanjungbalai. Nantinya Aplikasi SIALANG dapat langsung diakses di portal Websites Pemko Tanjungbalai (www.tanjungbalaikota.go.id), sebut Asmui.

Sebelumnya masyarakat harus mengikuti setiap prosedur secara manual terkait mekanisme Dana Hibah melalui Pembuatan Proposal dan harus bolak balik untuk mengkonfirmasi sejauh mana tindak lanjut dari Proposal yang diajukan tersebut. Dengan Penggunaan Aplikasi SIALANG ini, Penerima Hibah tidak perlu lagi repot bolak balik ke Kantor BPKPAD. Cukup mengakses Aplikasi SIALANG, maka dari Sistem akan langsung mendapat Pemberitahuan Proposal yang diajukan sudah sampai dimana dan apabila berkas tidak lengkap maka secara otomatis sistem akan menolak Proposal yang diajukan, Papar Asmui Rasyid.

Maka dari itu pihaknya meluncurkan Aplikasi SIALANG yang nantinya aplikasi tersebut bisa digunakan untuk data base terkait dana yang sudah diglontorkan Pemerintah dan Prosedur Pengajuan Dana Hibah.
“Maka SIALANG kami luncurkan, karena sasaran harus tepat ke masyarakat, nantinya nama, alamat dan jumlah anggaran dan syarat pengajuan Hibah akan dimuat di aplikasi tersebut, ini semua untuk memudahkan masyarakat,” pungkasnya.

“Intinya, Aplikasi SIALANG merupakan Layanan yang dibuat dalam memudahkan masyarakat untuk mengakses, mengawasi dan memberi masukan dalam penyaluran dana hibah di Kota Tanjungbalai,” Ungkap Plt. kepala BPKPAD Asmui Rasyid mengakhiri Paparannya.

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial menyambut baik dan mengapresiasi Peluncuran Aplikasi SIALANG ini yang menjadi Terobosan baru bagi masyarakat khususnya yang berhubungan dengan penerima bantuan dana hibah dari Pemko Tanjungbalai. Diharapkan Sistem Informasi yang tersedia melalui Aplikasi ini dapat membantu masyarakat dan mempercepat proses penyaluran dana hibah sehingga dapat langsung digunakan oleh masyarakat penerima hibah.

Tujuannya untuk transparansi dan akuntabilitas dari pengelolaan keuangan daerah, H.M Syahrial juga berharap dengan sistem Aplikasi ini meminimalisir pertemuan antara manusia dengan manusia, sehingga tidak terjadi KKN

“Kita bisa memonitor semua prosesnya. Dengan sistem ini dapat membuat rasa nyaman bagi Calon Penerima Hibah dan juga Pihak Pemko Tanjungbalai yang menyelenggarakan proses ini,” jelas Wali Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here